Sakit Gigi – Penyebab, cara mengobati dan mencegah – Klinik Gigi Dentes

Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan kondisi dimana munculnya rasa nyeri pada gigi dan sekitarnya. Rasa sakit yang dirasakan mulai dari yang ringan hingga berat. Dan frekuensi timbulnya sakit gigi ini bisa terasa terus menerus, bisa juga kadang muncul, kadang hilang. Sakit gigi kadang bisa sampai membuat kita sakit kepala.

Apa yang terjadi jika sakit gigi muncul?

Sakit gigi yang dirasakan tiap orang berbeda-beda tergantung seberapa sensitif seseorang dalam mengekspresikan rasa sakit. Sakit gigi bisa berpengaruh terhadap kegiatan kita. Munculnya sakit gigi kadang membuat orang menjadi tidak fokus, karena rasa sakit yang tidak bisa ditahan. Sakit gigi membuat kita jadi susah makan, karena akan terasa sakit jika gigi yang sakit bertubrukan dengan gigi lain atau makanan keras.

Apa penyebab sakit gigi?

Secara umum, kadang orang-orang hanya mengetahui jika sakit gigi muncul karena gigi berlubang karena tidak pernah gosok gigi, minum-minuman yang terlalu dingin, atau terlalu banyak memakan makanan manis. Secara spesifik, ada banyak penyebab sakit gigi, yaitu :

• Gigi berlubang
  • Gigi tumbuh (biasanya pada bayi dan anak-anak)
  • Infeksi pada gusi atau gigi
  • Gusi bengkak
  • Gigi Patah
  • Muncul cairan seperti nanah
  • Gigi bungsu (ujung) tumbuh miring atau tidak normal
  • Pembusukan gigi

Ada risiko lebih tinggi bagi orang dengan beberapa kasus seperti perokok dan penderita diabetes. Jadi, sebisa mungkin hindari merokok dan batasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis/

Apa saja gejala  sakit gigi?

Rasa sakit yang muncul pada tiap orang berbeda-beda, ada yang hanya merasa sedikit nyeri sehingga hanya merasa kurang nyaman, ada juga yang hingga tidak kuat menahan rasa nyeri yang begitu parah. Berikut gejala-gejala yang akan muncul :

• Sakit saat mengunyah makanan
  • Bau tidak enak dari dalam mulut
  • Rasa nyeri yang konstan
  • Pendarahan
  • Demam hingga sakit kepala
  • Gusi membengkak
  • Gigi terasa ngilu saat terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin

Bagaimana meredakan sakit gigi?

Sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi jika sakit gigi muncul. Tetapi bagaimana jika sakit gigi muncul pada jam-jam tertentu dimana dokter atau klinik gigi tutup?

Ada beberapa tips untuk meredakan rasa sakit gigi sementara, yaitu dengan cara berikut :

• Berkumur dengan air garam

Siapkan segelas air hangat dan campurkan garam. Lalu gunakan untuk berkumur.

• Kompres

Bisa juga dengan melakukan kompres menggunakan es yang di balut kain atau handuk,  lalu tempelkan pada bagian luar gigi yang sakit.

• Konsumsi obat pereda nyeri

Bisa dengan mengkonsumsi paracetamol. Gunakan sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan obat.

Bagaimana mengatasi atau mengobati sakit gigi?

Sakit gigi memiliki penyebab yang bermacam-macam. Untuk itu lebih baik segera periksakan gigi Anda ke dokter gigi agar segera diketahui apa penyebab sakit giginya dan segera dilakukan pengobatan yang tepat.

• Pada gigi berlubang, dokter akan melakukan perawatan tambal gigi. Jika gigi berlubang sudah mengalami pembusukan maka akan dilakukan sterilisasi serta pembersihan terlebih dulu sebelum ditambal.
  • Jika akar gigi terinfeksi maka akan dilakukan perawatan saluran akar.
  • Jika pengobatan diatas tidak berhasil maka dokter akan melakukan cabut gigi. Untuk gigi bungsu (ujung) yang tumbuh tidak normal juga akan dilakukan proses cabut gigi.

Itulah beberapa pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengatasi sakit gigi.

Lalu bagaimana mencegah munculnya sakit gigi?

Ketika seseorang sudah merasakan sakit gigi, maka seharusnya akan ada tindakan pencegahan agar sakit gigi tidak muncul kembali. Tindakan pencegahan seperti apa yang harus dilakukan, berikut sedikit tips untuk mencegah timbulnya sakit gigi :

• Rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari, pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
  • Menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi.
  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis
  • Periksa rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
  • Tidak merokok

Periksakan gigi Anda di Klinik Gigi Dentes.
Klik tombol di bawah ini!!!

_

Sumber :

Peng, L. Medscape (2018). Dental Infections in Emergency Medicine.
Friedman, M. WebMD (2015). Dental Health and Toothaches.

Reservasi Online

Lengkapi form ini untuk buat janji, sesuaikan waktu dengan dokter dan kunjungan ke Klinik Gigi Dentes terdekat.

(Mohon menunggu Admin Klinik konfirmasi jadwal yang Anda request)

*wajib diisi

Klinik Gigi Dentes